Welcome to my blog^^

Semoga tulisanku dapat bermanfaat buat kalian <3

Minggu, 26 Februari 2012

Cerebral Palsy

Cerebral Palsy atau yang biasa disingkat CP adalah penyakit akibat kerusakan/lesi pada otak yang masih immature(belum matang) dan tidak bersifat progresif. Penyakit ini diderita oleh anak-anak umur 0-2th dan adapula yang berkata dari usia 0-belasan tahun.

CP terbagi menjadi tiga yaitu :
1. Spastik
2. Floppy
3. Atetoid

Spastik adalah kerja otot agonis dan antagonis tidak sinergis. otot antagonisnya bekerja berlebihan sehingga kerja otot menjadi berlebihan. Tonus(kekenyalan) otot tinggi.

Floppy adalah kerja oto tidak bisa melawan gravitasi, susah untuk melakukan posisi yang diinginkan akibatnya susah untuk menegakkan badan. otot agonis dan antagonisnya sedikit bekerja. Tonus otot rendah

Atetoid adalah gabungan dari spastik dan floppy dimana tonus otot bersifat fluktuatif kadang tinggi, kadang rendah sehingga mengakibatkan penderitanya mempunyai gerakan-gerakan yang tidak ia sadari.

Spastik jika dilihat dari jumlah badan yang terkena terbagi menjadi 5 bagian :
  1. Monoplegi : spastik pada satu ekstremitas biasanya tangan
  2. Diplegi : spastik pada ektremitas bawah tetapi ekstremitas atasnya bekerja secara fungsional
  3. Hemiplegi : spastik pada satu sisi bisa tangan kanan dan kaki kanan atau tangan kiri dan kaki kiri
  4. Triplegi : spastik pada 3 bagian, bisa pada 2 ekstremitas bawah dan 1 ekstremitas bawah atau sebaliknya. tapi penderita triplegi umumnya jarang.
  5. Quadriplegi : spastik pada kedua ekstremitas atas dan bawah + kerusakan pada N.kranialis menjadikan hanya 1% penderita spastik quadriplegi yang bisa berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar