Welcome to my blog^^

Semoga tulisanku dapat bermanfaat buat kalian <3

Jumat, 23 Desember 2011

SABAR



  1. Sebuah kata yang tidak asing lagi ditelinga kita dan sering kita ucapkan. Sebenarnya apa sih arti kata sabar sebenarnya? Sabar dalam arti harfiah adalah menahan sesuatu. Sesuatu disini bisa diartikan musibah, cobaan maupun keistiqomahan kita sendiri. Kata Sabar terdapat juga dalam Qalam Illahi surat Ali Imran ayat 200 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga(di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.”


    Sabar dalam menghadapi musibah

    Seperti firman Allah dalam QS Al-Baqarah ayat 155  “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” Dalam ayat ini kita bisa mencuplik sebuah kalimat dari iklan di televisi yang berbunyi “Life is never flat” bahwa hidup tidak akan datar-datar saja. Diibaratkan manusia seperti gelas dan air sebagai cobaan, maka Allah tidak akan menuangkan air se-ember ke dalam sebuah gelas.Namun, jika air se-ember itu dituangkan kedalam gelas, maka air akan tumpah. Allah memberikan kita cobaan yang telah ada ukurannya masing-masing.
     Keimanan seseorang terbagi menjadi dua bagian yaitu sabar dan syukur. Apabila kita tidak mempunyai salah satu dari keduanya, kita akan kehilangan setengah dari iman kita.
    Tidak diperbolehkan menangis meraung-raung terhadap seseorang yang telah wafat.


    Sikap seorang muslim menyikapi sabar

    1.       Mengingat-ingat kenikmatan yang Allah berikan
    2.       Menyadari bahwa musibah adalah takdir Allah dan yakin bahwa hal itu adalah bagian dari rencana Allah yang terbaik
    3.       Mengingat bahwa semua akan kembali kepada Allah
    4.       Menyadari bahwa musibah bisa menggugurkan dosa-dosa
    5.       Yakin bahwa apabila kita kehilangan sesuatu akan mendapat ganti yang baik dari Allah
    6.       Ketika kita bersabar kita harus ikhlas dan ridho
    7.       Seorang muslim akan berdosa apabila berputus asa karena berputus asa termasuk sikap orang-orang kafir
    8.       Kepahitan di dunia akan berbuah manis di surga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar